Hal-Hal yang Perlu Dihindari saat Bermedia Sosial

Saat ini, media sosial menjadi hal yang sangat melekat dengan kehidupan hampir semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, sampai dengan lansia. Namun, perlu diingat bahwa ada hal-hal penting yang memang harus diperhatikan dalam bermain media sosial. Sama halnya dengan kemajuan teknologi, berbagai tindak kejahatan juga semakin marak seiring berjalannya trend media sosial ini. Sebut saja kasus penipuan yang terjadi di jejaring sosial facebook, twitter dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk masyarakat mengetahui apa saja sebenarnya hal-hal yang memang harus dipertimbangkan dalam penggunaan media sosial agar terhindar dari tindak kejahatan ataupun hal lainnya yang tentu akan membuat rugi diri sendiri.

pengguna-media-sosial

Pengguna Media Sosial

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Bermedia Sosial

foto-selfie

Remaja Foto Selfie

Ada beberapa hal penting yang memang harus diperhatikan agar Anda terhindar dari segala hal yang mungkin saja dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Salah satu hal penting yang biasanya terlewatkan oleh pengguna media sosial adalah menggunakan password yang sama di setiap akun media sosial. Jika saat ini Anda melakukan hal ini, maka segeralah ganti password Anda dengan password yang berbeda satu sama lainnya antara setiap akun media sosial yang Anda miliki. Sebab, jika ada seseorang yang mungkin secara tidak sengaja mengetahui password Anda dan kemudian membukanya, maka bukan tidak mungkin jika akun Anda akan di bajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika Anda adalah orang pelupa, jangan khawatir karena saat ini tersedia aplikasi password manager yang akan membantu Anda memanajemen setiap password di akun media sosial.

Hal yang harus dihindari lainnya adalah mengunggah segala momen kehidupan Anda. Jika Anda sering melakukannya, maka mulailah untuk mengurangi kegiatan uploading secara terus menerus. Pasalnya, terkadang ada oknum pengguna media sosial yang melakukan kejahatan karena mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh korbannya saat ini, tentu keadaan ini dilihat dari status yang dibuat korban pada media sosial. Misalkan saja Anda membuat status sedang sendiri di rumah, maka ini bisa saja menjadi kesempatan untuk pelaku kejahatan mencuri di rumah Anda atau melakukan tindak kejahatan lainnya karena mengetahui Anda sedang sendirian di rumah. Atau, ada pula pengguna media sosial yang mengupload uang gajiannya, perhiasan yang dimilikinya maka tentu hal ini akan menarik pelaku kejahatan untuk bertindak kriminal dengan pengguna yang mengupload hal sedemikian rupa.

Pernahkah Anda menggunakan wifi gratis di sembarangan tempat, seperti cafe, rumah sakit, atau tempat lainnya? maka berhati-hatilah mulai sekarang. Sebab, meski memudahkan Anda sebagai pengguna media sosial untuk selalu terhubung pada semua akun yang dimiliki, mendapat konektivitas jaringan internet menggunakan Wi-Fi di tempat umum bisa jadi justru membahayakan penggunanya. Hal ini dikarenakan adanya wifi gratis yang mengandung virus-virus komputer berbahaya. Virus ini memang sengaja dibuat oleh pelaku cyber crime untuk mencuri semua data yang ada pada gadget atau komputer.

Jika Anda merupakan seorang pengguna media sosial yang sering menggunakan jaringan sosial untuk melakukan transaksi uang di mana hal ini tentu menggunakan identitas nomer rekening, kartu kredit dan lainnya, maka bisa Anda tentunya akan menjadi sasaran empuk untuk penjahat cyber beraksi. Ketika Anda dalam posisi sedang membutuhkan jaringan internet secara gratis, Anda bisa memastikan terlebih dahulu jaringan wifi gratis tersebut, apakah aman atau tidak. Hal ini bisa ditanyakan langsung kepada orang-orang sekitar Anda berada, misalkan Anda berada di cafe, maka Anda bisa menanyakannya langsung pada pegawai cafe tersebut. Itulah beberapa hal-hal yang memang harus Anda perhatikan sebagai pengguna media sosial agar terhindar dari tindak kejahatan cyber.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *