interaksi-media-sosial
Interaksi Manusia dengan Media Sosial

Ketika teknologi internet serta kecanggihan mobilephone semakin berkembang pesat, maka keberadaan media sosial pun turut maju. Namun, sebelum mengenal lebih dalam terkait media sosial, Anda perlu mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan media sosial serta manfaat dan perannya dalam kehidupan manusia saat ini. Media sosial merupakan sebuah wadah yang dimanfaatkan manusia untuk melakukan sebuah interaksi sosial satu sama lainnya secara online dengan menggunakan jaringan internet. Interaksi ini dapat dilakukan secara bebas tanpa dibatasi oleh ruang dan juga waktu. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa media sosial ialah media online yang mampu mendukung kegiatan interaksi sosial menggunakan teknologi dengan basis web, di mana teknologi ini mampu mengubah kegiatan komunikasi antar dua orang menjadi sebuah dialog interaktif yang bisa dilakukan oleh lebih dari dua orang dalam satu grup.

Perkembangan media sosial yang sangat pesat ini memang tidak luput dari kecanggihan mobilephone. Bahkan, mobilephone berupa smartphone sekarang ini sepertinya menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi manusia untuk melakukan interaksi satu sama lainnya, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, berdiskusi dengan teman dan lain sebagainya. Untuk mengakses media sosial bisa dikatakan sangat murah jika dibandingkan dengan yang lainnya seperti media elektronik, cetak dan lain sejenisnya. Seorang pengguna media sosial dapat mengakses akunnya bahkan dengan jaringan internet yang koneksinya lambat sekalipun. Keberadaan media sosial ini tentu saja sangat cocok untuk Anda yang malas mengisi pulsa hanya untuk melakukan komunikasi via SMS ataupun telepon, yang mana membutuhkan biaya yang relatif lebih besar.

media-sosial
Berbagai Macam Jenis Media Sosial

Perlu Anda ketahui, media sosial memiliki banyak macamnya. Oleh karena itu, mereka di kelompokkan menjadi beberapa bagian,  salah satunya adalah jejaring sosial atau social networks. Media sosial yang satu ini ditujukan untuk berinteraksi antar sesama pengguna jaringan tersebut, beberapa diantaranya adalah Facebook, Myspace, Bebo, Linkedin, hi5, Twitter, Google Plus, dan lain-lain. Kemudian ada discuss media, seperti Phorum, Google Talk, maupun Skype. Selain itu, ada pula share media yang memang berfungsi untuk berbagi musik, foto, video maupun file, yaitu SlideShare, Instagram, YouTube, Flickr, Crowdstorm, dan Feedback.

Kelompok media yang masuk dalam media sosial lainnya adalah publish, yaitu Digg, WordPress, Blog, Wikipedia, Wikia dan lain-lain. Selanjutnya ada social game. Media sosial ini berbentuk game yang bisa dimainkan secara bersama-sama, yaitu Pogo, Koongregate, Doof, dan lain sebagainya. Sebenarnya, ada kategori media sosial lainnya seperti Virtual Worlds, Livestream, MMO, Livecast, dan Microblog. Semua kelompok media yang masuk dalam kategori media sosial tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan memakai sebuah mobilephone yang dikoneksikan pada jaringan internet, Anda sudah bisa mengaksesnya dengan leluasa.

Sedemikian canggih dan cepatnya setiap orang untuk dapat terhubung dengan media sosial, membuat fenomena ini menjadi sebuah sejarah perkembangan teknologi yang luar biasa. Bahkan, fenomena tersebut bukan hanya melanda negara-negara maju, melainkan Indonesia juga terkena dampaknya. Sebab, media sosial memiliki kecepatan yang sangat luar biasa untuk menyampaikan arus informasi yang tidak terbatasi oleh ruang ataupun waktu. Pantas saja jika kehadirannya mulai menggusur media konvensional lainnya seperti media cetak. Sebagai pengguna yang baik, sebaiknya Anda menggunakan akun Anda dengan bijak dan lebih hati-hati karena saat ini marak sekali tindak kejahatan yang dilakukan di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − seven =