logo-google-plus
Logo Google Plus

Jika mendengar kata jejaring sosial, mungkin kita akan teringat akan Facebook atau Twitter. Tapi, pernahkah Anda mendengar tentang Google Plus? Google plus adalah sebuah jejaring sosial terbaru di bawah naungan mesin pencari raksasa Google. Beberapa orang mengklaim bahwa Google Plus merupakan saingan dari jejaring sosial terkenal yaitu Facebook. Akan tetapi, Google menyangkal dengan mengatakan bahwa Google Plus dibuat untuk memberikan fasilitas yang lebih dibandingkan jejaring sosial lainnya. Di dalam situs goglongan media sosial tersebut, kita akan disuguhkan dengan beberapa fasilitas seperti Circles, Foto, Hangout, laman dan Community. Circle sendiri merupakan fasilitas di dalam Google Plus yang memudahkan kita untuk mengelompokkan jenis hubungan seperti teman dan keluarga. Anda sendiri juga dapat menambahkan grup sendiri sehingga akan lebih leluasa untuk berbagi konten seperti video, foto dan sebagainya. Sedangkan hangout merupakan fasilitas yang difungsikan untuk menciptakan halaman organisasi, bisnis dan sebagainya. Selain itu, fasilitas seperti Community difungsikan untuk membuat kumpulan grup dengan topik tertentu (musik, buku, film).

Di dunia bisnis, jejaring sosial Google Plus banyak dimanfaatkan sebagai tempat untuk ajang promosi. Banyak blogger yang mempromosikan blog-nya melalui Google Plus dikarenakan blog yang telah terdaftar ini jejaring sosial ini memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk muncul di halaman pertama Google. Mereka juga berpendapat bahwa semakin besar rating pembaca di Google Plus, maka semakin besar pula peringkatnya di Google. Perusahaan Google sendiri ikut serta gencar dalam mempromosikan iklannya di media tersebut.

Manfaat lain yang diberikan oleh media ini antara lain membantu indeks artikel. Apabila Anda menghubungkan Google Plus dengan blog Anda, setiap artikel yang diterbitkan akan dipublikasikan di Google Plus. Kemudian artikel yang telah dipublikasikan akan muncul di beranda orang-orang yang telah Anda tambahkan ke dalam lingkaran. Kelebihan dari jejaring sosial ini yaitu semua link yang keluar bersifat dofollow (mengantar poin halaman), maka akan sangat mempermudah pendindeksan blog Anda.

google-plus-untuk-bisnis
Google Plus untuk Keperluan Bisnis

Google Plus juga berfungsi untuk menambah kredibilitas sebuah blog. Tujuan utamanya sebenarnya adalah untuk mengurangi blog-blog yang kurang terpercaya atau tidak terpantau penulisnya. Aktifitas sosial si penulis di dalam jaringan akan dijadikan sebagai indikator oleh Google, dan menjadi nilai terpercaya atau tidaknya sebuah blog. Google akan mempercayakan blog yang dibuat oleh manusia bukan robot, dan memiliki jumlah pengikut yang banyak. Penulis blog yang memilik sedikit pengikut akan mempengaruhi poin kredibilitasnya. Di Google Plus, jumlah orang yang Anda tambahkan atau menambahkan Anda ke dalam lingkaran akan memperkuat kredibilitas blog Anda di mata pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + thirteen =