google-plus
Media Sosial Google Plus

Media sosial berbasis internet kini tak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari penggunanya. Dipelopori oleh jejaring sosial bernama Facebook, saat ini sudah muncul banyak sekali jejaring sosial serupa yang lebih canggih dan modern sesuai dengan karakter anak muda masa kini. Google sebagai sebuah perusahaan raksasa yang berbasis internet juga tak ingin ketinggalan. Di tengah perkembangan media sosial yang semakin menggila, pada tahun 2011 lalu Google turut meramaikan pasar tersebut dengan mengeluarkan layanan Google Plus yang memiliki beberapa keuntungan. Meskipun hingga sekarang aplikasi Google Plus belum begitu diminati oleh masyarakat, pengguna pasif aplikasi ini sudah mencapai 2,2 miliar di seluruh dunia. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus memiliki akun Google Plus.

Berbagai Kelebihan Memiliki Akun Google Plus

Meskipun tidak sepopuler Facebook atau Twitter, memiliki akun Google Plus ternyata dapat memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keuntungan memiliki akun Google Plus yang juga menjadi alasan mengapa Anda wajib memiliki akun tersebut.

1. Terintegrasi
Keuntungan menggunakan layanan Google Plus yang pertama adalah secara otomatis media tersebut telah terintegrasi dengan layanan Google yang lainnya, seperti Gmail, Drive, Picasa, blogger, Youtube, dan fitur-fitur lainnya. Anda tidak perlu repot-repot membuat akun pada setiap aplikasi tersebut karena dengan satu akun saja, Anda sudah dapat mengakses semua aplikasi dari Google. Selain itu, Google Plus juga memiliki layanan yang terintegrasi dengan berita terhangat. Oleh karena itu, Anda tidak akan ketinggalan informasi karena media ini akan selalu memberikan berita-berita terbaru.

2. Fitur Cricle atau Lingkaran
Berbeda dengan media sosial yang lain, tidak ada istilah tambahkan teman, invite teman, dan sebagainya yang membutuhkan persetujuan dari pihak pengguna lain. Google Plus hanya mengenal Circle yaitu penambahan lingkaran. Layanan ini adalah sebuah terobosan terbaru yang memungkinkan Anda menambah atau mengurangi teman sesuka Anda. Setiap lingkaran yang berhasil ditambahkan, secara otomatis jaringan Anda akan semakin diperluas di lingkaran tersebut.

3. Akses yang mudah
Jejaring sosial yang satu ini juga memiliki akses yang sangat mudah dan cepat. Apalagi jika Anda mengaksesnya melalui smartphone, kecepatannya akan lebih terasa jika dibandingkan dengan media sosial yang lain. Ditambah lagi, tampilan Google Plus sudah cukup elegan yang akan membuat pengguna merasa nyaman.

4. Privasi & Browser integration
Google selalu memberikan layanan privasi yang tinggi ke semua produknya, termasuk Google Plus. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai kerahasiaan privasi. Keunggulan lainnya adalah Browser Integration yang mana aplikasi Google ini akan bekerja secara otomatis mengintegrasikan akun dengan browser. Layanan seperti ini tidak dimiliki media sosial yang lainnya.

5. Penempatan iklan optimal sehingga cocok untuk pengusaha
Memasang Iklan di Google Plus pun akan memberikan hasil yang sangat optimal dengan tempat yang strategis. Bila Anda adalah seorang pengusaha, cobalah memasang iklan di Google Plus dengan berbagai tawaran kemudahan dan keuntungan. Bagi pengusaha, keuntungan lain memiliki jejaring sosial yang satu ini adalah Anda dapat membuat halaman di Google Plus yang khusus membahas produk Anda sehingga memudahkan pencarian. Selain itu, sebagai sebuah perusahaan berbasis internet yang sangat besar, halaman di Google Plus juga akan memudahkan Anda dalam hal mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari. Google tentu akan lebih mengutamakan orang-orang yang menggunakan aplikasinya.

6. Hangouts & Foto Tag
Layanan ini mirip chats pada media sosial yang lainnya. Dengan layanan Hangouts, Anda bisa mengobrol secara real time antar sesama pengguna sebagai sebuah sarana berbagi cerita, foto, video, atau dokumen. Layanan pengenal wajah juga diberikan oleh Google. Dengan layanan ini, Anda bisa langsung tag foto pada tepat di wajah. Privasi pun masih selalu terjaga dengan mengontrol tag pada setiap foto.

Media sosial Google Plus juga sangat bermanfaat untuk orang tua dalam hal mengawasi buah hati mereka. Jika sang anak menggunakan media sosial ini, orang tua juga bisa mempertimbangkan untuk ikut menggunakannya juga. Para orang tua bisa masuk ke lingkaran buah hatinya sehingga dapat melihat aktivitas apa saja yang diposting sang anak di akunnya.

Selain itu, masih ada beberapa keunggulan Google Plus yang sekaligus menjadi alasan tepat untuk memiliki media sosial yang satu ini. Jika Anda belum memiliki akun Google Plus, cara mendaftarnya pun sangatlah mudah. Ketika pertama kali Anda mengunjungi media sosial ini, Anda akan melihat sebuah tautan yang meminta Anda untuk masuk dengan akun Google. Jika anda sudah pernah mendaftar email Google, maka Anda pun sudah siap dan tak perlu mendaftar lagi. Jika belum, Anda bisa memilih pilihan “Buat Akun”. Setelah itu, akan muncul semacam formulir pendaftaran yang harus Anda isi dengan lengkap menggunakan data-data valid. Ikuti alur pendaftaran seperti yang telah ditentukan sampai benar-benar terdaftar di Google.

Di atas telah dijelaskan beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari Google Plus. Setelah memiliki jejaring sosial ini, Anda bisa memilih apakah ingin menjadi pengguna aktif atau pasif. Sudah banyak nama yang terdaftar sebagai pengguna Google Plus, tetapi hanya sebagian kecil saja yang aktif memanfaatkan jejaring sosial ini. Dari uraian di atas, Anda bisa mempertimbangkan sendiri berkaitan dengan penggunaan aplikasi ini. Meskipun hanya menjadi pengguna pasif, Anda tetap terintegrasi dengan banyak akun lain karena sistem berjalan dengan otomatis. Jadi, jangan takut akun Anda akan kadaluwarsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + three =