Cara Efektif Meraih Banyak Subscriber di YouTube

YouTube

YouTube Adalah Layanan Berbagi Video Gratis Terbesar Saat Ini

Youtube merupakan aplikasi sharing video yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Dengan mengakses YouTube, Anda akan terhubung dengan berbagai pengguna di berbagai belahan dunia. Inilah canggihnya teknologi internet di era yang sudah modern ini. Selain berbagi video, media sosial ini juga bisa dijadikan lahan berbisnis yang sangat potensial sebagai salah satu sarana untuk pemasaran. Iklan berbasis video pastinya lebih menarik dibandingkan dengan iklan baris atau banner. Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang paling berpengaruh pada eksitensi akun Youtube adalah subscriber. Subscriber dalam bahasa Indonesia adalah pelanggan. Jika pelanggan Youtube Anda banyak, maka hal tersebut akan menaikkan ranking pada sistem pencarian Google. Ini tentu dapat dijadikan sebagai strategi promosi yang cukup efektif untuk video marketing. Bagaimana cara menaikkan subscriber? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Cara Efektif Meningkatkan Subscriber di Youtube

Cara efektif meraih banyak subscriber di Youtube kuncinya ada pada kualitas video. Jika kualitas video baik, maka pengunjung akan suka dan akan memberikan subscribe pada video Anda. Berikut ini adalah ciri-ciri video Youtube yang berkualitas:

1. Kualitas Video HD
Jika Anda melihat sebuah tayangan video, hal yang pertama kali Anda perhatikan tentu adalah kualitas gambarnya. Sebagus apa pun video yang dibuat, jika tidak didukung dengan kualitas gambar yang bagus, maka Anda pun akan enggan menontonnya. Prinsip ini berlaku di YouTube. Ketika Anda ingin berbagi video di jejaring sosial tersebut, kualitas video Anda harus bagus (standarnya menggunakan resolusi HD) supaya memuaskan pengunjung. Percuma saja jika Anda memiliki video lucu, namun dengan gambar yang jelek, tentu pengunjung tidak akan puas.

2. Kualitas Audio baik
Selain kualitas gambar, kualitas suara juga perlu diperhatikan. Banyak pengunjung video di YouTube yang memberikan komentar atas ketidakpuasannya dengan video di salah satu channel. Hal yang diberikan komentar adalah berkaitan dengan audio yang tidak jelas, noise yang jelek, dan ada suara-suara yang mengganggu fokus para penonton. Dengan mempertimbangkan hal ini, pastikan sebelum mengunggah video, cek sekali lagi kualitas audio Anda. Apakah video yang akan diunggah memiliki kualitas bagus dan tidak memekakkan telinga? Jika semuanya sudah OK, silahkan untuk mengunggahnya.

3. Konten video berkualitas
Di balik sebuah video yang berkualitas, Anda pasti sepakat yang paling menentukan kualitas pada dasarnya adalah kontennya itu sendiri. Konten video yang berkualitas bisa dilihat dari berbagai sisi. Yang pasti, video setidaknya memiliki unsur menghibur penonton. Selain itu, usahakan apa yang kita bagikan kepada penonton adalah sebuah video yang dapat memberikan hal positif. Konten video ini bisa disesuaikan dengan tema channel Anda.

4. Memilih judul yang sesuai
Pilihlah judul yang sesuai untuk meningkatkan subscriber Anda di media sosial YouTube. Dalam hal ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan riset keyword dengan proses yang ribet. Melalui proses ini pun, belum tentu video Anda langsung menjadi ranking teratas di Youtube. Berkaitan dengan kata kunci, pilihlah kata-kata yang menyugesti penonton. Cara ini tentu lebih mudah. Buatlah kata-kata yang langsung menarik perhatian penonton.

5. Gunakan Video Tag dan Video Thumbnail
Hal ini merupakan elemen paling standar yang harus diberikan di setiap video yang akan diunggah. Pemilihan thumbnail juga menjadi salah satu penentu agar orang tertarik melihat video Anda. Namun, usahakan untuk menggunakan thumbnail yang tidak menipu penonton. Lalu, di bagian tag, Anda bisa memberikan tag sebanyak-banyaknya. Berikan tag yang relevan dengan video Anda. Akan tetapi, jika tag terlalu banyak, Google akan memberikan peringatan kepada Anda.

6. Share Video
Momen paling penting agar mendapat banyak subscriber adalah dengan men-share video Anda di beberapa jejaring sosial Anda yang lain. Anda dapat mengenalkan video di beberapa media sosial tersebut. Ajak teman-teman berkunjung ke channel YouTube Anda. Ini adalah langkah awal untuk mendapatnya banyak penonton dan memancing munculnya subscriber baru pada channel YouTube tersebut.

7. Hiasi Channel
Bagian ini tentu hanya sebagai tambahan saja. Channel yang menarik tentu akan membuat pengunjung senang menonton beberapa video yang telah Anda bagikan. Selain memperbaiki konten video, menghiasi halaman channel dengan cover yang menarik, foto profil, serta tautan ke situs blog akan memberikan kesan tersendiri bahwa Anda adalah pengelola YouTube yang professional. Jika halaman Anda masih polos, segera cari gambar yang menarik. Anda bisa mengedit beberapa gambar dengan aplikasi editor supaya profil Anda lebih menarik. Umumnya, proses pemasangan ini akan otomatis menghubungkan Anda dengan akun Google Plus. Home Page Channel yang menarik tentu akan dapat menambah subscriber Anda.

Demikian adalah beberapa cara untuk meningkatkan subscriber pada media sosial Youtube. Jangan lupa untuk memilih konten yang paling banyak dicari oleh penonton YouTube. Selain itu, lakukan interaksi pada komentar yang diberikan oleh para pengunjung yang menonton video Anda. Semakin banyak komentar, semakin banyak pula potensi untuk menambah viewer.

Apa manfaat dari banyaknya subscriber ini? Peran mereka dapat menentukan kesuksesan karier Anda di Youtube. Jika subscriber sudah mencapai ratusan ribu, Anda akan berpotensi mencari sponsor di luar Adsense. Dengan berpegang pada beberapa cara di atas, Anda pasti akan mendapatkan banyak subscriber. Pekerjaan ini juga harus dilakukan secara telaten dan intens supaya dapat menaikkan subscriber dengan cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *