kehidupan-media-sosial
Media sosial kini tak bisa terpisahkan oleh masyarakat modern, waspada akan dampaknya!

Tidak jarang Anda mendengar pernyataan yang berbunyi ‘internet mendekatkan orang jauh dan menjauhkan yang dekat’. Pernyataan ini dianggap sangat tepat untuk menggambarkan berbagai fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari, khususnya yang menyangkut masalah internet dalam hal media sosial. Kehadiran media sosial memang bagaikan sebilah pisau yang bermata dua. Media sosial menawarkan berbagai manfaat yang bisa diperoleh apabila digunakan dengan benar. Di lain sisi, sebenarnya ada bahaya yang sedang mengancam Anda dan keluarga apabila media sosial ini digunakan dengan cara yang kurang bijak.

Penggunaan media sosial memiliki beragam manfaat. Misalnya saja Anda dapat bertemu dan berkomunikasi dengan jutaan orang di luar sana. Anda dapat pula menjalin komunikasi dengan sanak saudara yang mungkin tinggal di belahan negara yang berbeda. Bayangkan saja jika internet hingga kini belum ditemukan, Anda tentu harus sabar untuk menunggu lembar demi lembar surat yang mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu agar bisa sampai. Manfaat lain dari penggunaan media sosial adalah Anda dapat dengan mudah mengetahui berita-berita terkini melalui pesan berantai yang sering dikirimkan melalui media sosial. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi takut untuk ketinggalan berita terbaru.

Selain menawarkan beragam manfaat, ternyata media sosial juga menebarkan ancaman. Tidak jarang Anda mendengar berita di televisi mengenai orang hilang yang ternyata penyebabnya adalah kenalan baru yang ditemui di media sosial. Ada pula penelitian dengan mengambil sampel beberapa pasang suami istri yang ternyata sering bertengkar dan penyebabnya tidak lain karena media sosial. Masih banyak masalah-masalah lain yang diakibatkan oleh penggunaan teknologi internet yang kurang bijak.

Sebenarnya ada beberapa cara agar media sosial tidak mengakibatkan hal-hal buruk bagi Anda dan keluarga. Misalnya saja Anda harus melakukan pengawasan penggunaan akun-akun online yang sedang dimainkan oleh putra-putri di rumah. Pengawasan ini bisa dilakukan dengan cara memeriksa orang-orang yang berteman dengan putra putri Anda, atau bisa juga memeriksa pesan yang dikirimkan dan diterima. Sedangkan untuk menjaga hubungan dengan pasangan, penggunaan media sosial bukanlah hal yang haram namun harus dilandasi dengan kejujuran. Bukan suatu masalah apabila pasangan Anda enggan membagi password media sosialnya karena hal itu merupakan suatu privasi. Namun, ada baiknya sebelum memiliki media sosial, buat kesepakatan untuk saling jujur satu sama lain.

Itulah tadi sedikit mengenai dampak positif maupun negatif dari penggunaan media sosial. Asalkan digunakan dengan benar dan sesuai kebutuhan, nampaknya jejaring sosial akan memberikan manfaat-manfaat yang luar biasa. Akan tetapi, jangan sampai lengah melakukan pengawasan terhadap putra putri Anda yang sudah mulai menggunakan media sosial karena biasanya usia-usia muda inilah yang menjadi target dari para pelaku tindak kriminal untuk melancarkan aksinya.

3 Comments

  1. Hmmb iya gan bener .
    Tapi sekarang juga harus lebih hati hati dalam menggunakan media sosial , apalagi banyak kejahatan akhir akhir ini berasal dari media sosial apalagi penipu .

  2. Sosial media itu seperti Pisau kalau di gunakan dengan baik maka hasilnya baik dan apa bila diginakan untuk sebuah negatif maka akan berbahaya.. makanya gunakan sosmed untuk berbagi ilmu dan menjalin silahturahmi
    Terimakasih Admin yang telah berbagi ilmu semoga pahalanya banyak amin

  3. di ambil yang positifnya aja gan yang jelek nggak usah buat saya ,tapi tergantung masing-masing orangnya bagaimana make sosmed ada kasus keluarga berantakan karena sosmed *yang di salahin sosmed*
    Ada yang bisa ambil segi positifnya dari sosmed *buat jualan * mereka dapet penghasilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =