social-media-marketing
Media Sosial untuk Marketing dan Bisnis

Di dalam sebuah perusahaan, lini marketing adalah bagian paling penting untuk diperhatikan. Terutama bagi banyak perusahaan yang mengutamakan penjualan produk sebagai income atau profit utama mereka. Banyak sekali strategi marketing yang biasa diterapkan oleh banyak perusahaan produk, namun sebagian besar dari mereka masih menggunakan cara-cara yang bersifat konvensional. Cara konvensional memang masih dianggap penting mengingat banyak masyarakat kita yang belum mengenal penggunaan teknologi. Namun sejak kelahiran internet dan smartphone pada dekade ini membuat segalanya berubah. Penggunaan internet dan smartphone adalah gerbang baru bagi strategi pemasaran produk. Seperti yang setiap hari Anda lihat, orang-orang menatap smartphonenya setiap saat, lalu mengapa kita tidak memanfaatkannya?

Melakukan promosi produk secara online memang sudah menjadi agenda yang cukup penting bagi perusahaan terutama yang berorientasi kepada marketing modern. Namun sebagian dari perusahaan tersebut masih terbatas pada penggunaan website yang berisi grafik, video dan berbasis teks saja. Bagaimana dengan media sosial? Pernahkah terpikirkan untuk memaksimalkan penggunaannya? Pengguna media sosial mayoritas berasal dari masyarakat golongan menengah keatas. Sangat jarang ditemui pengguna media sosial dari kalangan bawah, artinya taraf ekonomi mereka cukup tinggi dan diprediksikan daya belinya juga tinggi. Artinya, apapun dan berapapun produk Anda pasti akan terjual dengan sukses melalui promosi di media sosial.

 

Media Sosial, Alat Promosi Gratis yang Mampu Menggandakan Profit

skema-media-sosial-marketing
Sosial Media Mempertemukan Anda dengan Customers

Media sosial adalah sebuah wadah yang cukup efektif bagi Anda yang inginĀ  mengimplementasikan teknik pemasaran yang telah Anda rencanakan untuk memasarkan produk. Beruntungnya, hampir semua media sosial menyajikan fitur-fiturnya secara gratis. Anda bisa memaksimalkan fitur gratis tersebut untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah promosi produk. Dengan jumlah pengguna media sosial yang sangat besar, maka peluang produk Anda untuk menjadi populer juga sangat besar, hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk melakukan branding. Anda bisa mendapatkan customer engagement yang lebih dari sebuah marketing konvensional. Marketing konvensional cenderung lebih sulit untuk menjangkau banyak orang, menghabiskan waktu dan kurang efisien. Sangat berbeda dengan penggunaan media sosial yang sangat praktis, cepat, serta efektif. Sebelum Anda memasuki tahap customer engagement, Anda baiknya melakukan beberapa kegiatan awal melalui media sosial seperti brand building, analisa pasar, kebutuhan konsumen, dan perencanaan teknik pemasaran yang ingin Anda lakukan.

 

Brand Building dan Customer Engagement melalui Media Sosial

Menurut kami, brand building adalah langkah tepat untuk meningkatkan kepercayaan calon customer dengan produk yang akan kita jual. Brand building di media sosial dapat dilakukan dengan cara memberikan konten positif yang berisi kelebihan dan keuntungan produk disertai beberapa alasan logis yang membuat para calon customer terbuka matanya. Inovasi-inovasi produk yang baru akan sangat mudah melalui brand building ini. Karakter produk, keunikan serta nilai produk yang tinggi juga sangat mempengaruhi brand building terhadap sebuah produk. Selain itu, ada banyak hal lain yang sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Hal lain yang akan Anda dapatkan adalah instant feedback. Instant feedback adalah respon langsung yang berasal dari customer.

Banyak para customer yang mempengerahui dan bahkan membeli produk Anda dari akun media sosial yang Anda gunakan. Setelah mereka menggunakan produk Anda, tentu mereka akan memberi tanggapan yang berbeda-beda. Beberapa tanggapan positif akan membuat kepercayaan calon pembeli terhadap produk Anda menjadi semakin tinggi. Sedangkan, tanggapan-tanggapan negatif seperti ketidakpuasan akan menjadi feedback yang cukup membantu Anda dalam mewujudkan produk yang lebih baik kedepannya. Selain itu, penggunaan media sosial untuk bisnis juga sangat berguna untuk mengetahui keadaan pasar yang sebenarnya. Anda bisa menganalisa perilaku dan tanggapan pelanggan terhadap produk Anda melalui aktifitas yang mereka lakukan di media sosial. Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda pilih untuk keperluan penjualan, product branding, online shop, dan sebagainya. Jika Anda bisa memaksimalkan fungsinya, maka Anda juga akan mampu meningkatkan profit Anda dengan cepat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =